ERP Akselerasi Bisnis Dengan Solusi Menyeluruh

by Sep 4, 2018News0 comments

Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan system manajemen data perusahaan yang mengintegrasikan keseluruhan informasi fungsional baik sebagai kontrol pada perusahaan ataupun mengatur proses bisnis perusahaan meliputi marketing, produksi, pembelian dan accounting dalam suatu kesatuan yang terintegrasi secara digital dan real time.

Tujuan dari ERP adalah membuat alur dari sebuah informasi menjadi lebih dinamis dan cepat dalam memprosesnya.

Alasan perusahaan memilih untuk menerapkan Enterprise Resource Planning adalah ERP

  1. ERP system dapat mengurangi redudansi data
  2. ERP system dapat meningkatkan efesiensi supply chain
  3. ERP system dapat mempermudah pelanggan untuk mengakses produk atau service yang ditawarkan perusahaan
  4. Mengurangi biaya operasional, karena semuanya sudah terintegrasi sehingga lebih sederhana
  5. Menanggapi dengan cepat perubahan yang terjadi

Sistem ERP mengkombinasikan semua sistem menjadi satu sistem yang terintegrasi sesuai dengan lingkungan kerja yang ada dan menjadi satu database, oleh karena itu dengan adanya sistem ERP dapat memudahkan masing – masing bagian dalam organisasi untuk berkomunikasi dan berbagi informasi.

Peran Enterprise Resource Planning dalam suatu perusahaan untuk mengkoordinasikan bisnis perusahaan secara keseluruhan. ERP dapat digunakan untuk otomatisasi dan integrasi banyak proses bisnis, membagi database yang umum dan praktik bisnis melalui enterprise, menghasilkan informasi yang real-time dan memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan perencanaan.

Ada beberapa manfaat yang didapatkan dari implementasi ERP (Enterprise Resource Planning) pada sebuah perusahaan, antara lain:

  • Sistem ERP akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pemantauan dan pengedalian proses bisnis, serta dapat memberikan wawasan yang luas kepada seorang pembuat keputusan sehingga dapat melakukan prediksi dan pengambilan keputusan yang akurat.
  • ERP memiliki fungsi otomatisasi yang akan menjamin aliran informasi tersampaikan dengan jelas dan bebas dari kesalahan, sehingga proses bisnis menjadi lebih sederhana dan responsif.
  • Sistem ERP akan menyalurkan kepada karyawan informasi-informasi akurat yang dibutuhkan langsung kepada mereka.
  • Ekosistem perusahaan yang terintegrasi, artinya sistem ERP dapat menyatukan semua unit dalam ekosistem perusahaan.
  • Sistem ERP menjadikan perusahaan yang sedang berkembang memiliki fleksibilitas untuk beradaptasi dengan kebutuhan-kebutuhan di masa depan.

Kebutuhan akan ERP dalam perusahaan muncul dikarenakan kekurangan dari model sistem informasi tradisional yang bersifat terpisah, yaitu:

  • Banyaknya duplikasi atau redudansi data karena sistem yang dimiliki masing-masing fungsional berbeda dan tidak terintegrasi.
  • Pihak manajemen dan strategis kesulitan mendapatkan informasi yang melibatkan data dari berbagai fungsional bisnis karena diperlukan proses untuk mengintegrasikan data-data yang ada.
  • Data yang bersifat terpisah memiliki resiko ketidakvalidan yang tinggi.
  • Pengguna yang harus mengakses sistem dari beberapa fungsional bisnis direpotkan oleh banyaknya akun yang perlu diingat untuk mengakses masing-masing sistem serta model user interface yang terkadang berbeda pada masing-masing sistem sehingga perlu dipelajari secara khusus.

Pemanfaatan Enterprise Resource Planning secara tepat akan memberikan keuntungan dan nilai lebih bagi perusahaan, antara lain:

  • Sistem yang terintegrasi akan memberikan tingkat kevalidan data yang lebih tinggi serta menghilangkan duplikasi atau redudansi data.
  • Informasi yang diperlukan perusahaan dapat diperoleh dengan lebih cepat, bahkan secara real time.
  • Hanya ada satu portal akses sistem bagi seluruh pengguna dan menyajikan user interface yang cenderung sama sehingga pengguna lebih mudah menggunakannya.
  • Pemanfaatan sistem yang terintegrasi akan menjadikan proses bisnis lebih cepat dan bersifat paperless karena dihilangkannya beberapa proses manual yang tidak diperlukan lagi.
  • Kontrol terhadap keamanan, ketersediaan dan kehandalan sistem menjadi lebih mudah karena semua sistem yang digunakan masing-masing fungsional telah terintegrasi.

Seiring berkembangnya dunia teknologi informasi, sistem Enterprise Resource Planning juga semakin maju. Bahkan saat ini, sistem ini dapat diakses melalui berbagai perangkat mobile dari luar perusahaan melalui internet, sehingga dapat dijangkau oleh pengguna kapanpun dan dimanapun mereka berada. Hal ini tentunya juga diiringi oleh semakin majunya mekanisme keamanan dari sistem tersebut.

Technosoft Consulting menjadi solusi dan bisa mewujudkan Transformasi digital pada bisnis anda dengan lebih dari 25th Pengalaman dalam bidang :

Technosoft Consulting Akan menjadi solusi terpercaya dan mitra bisnis yang membantu Mengembangkan Inovasi Digital dalam industri anda melalui teknologi Cloud, analisis data, kecerdasaan buatan, teknologi augmented realty dan teknologi lainnya Technosoft dapat membantu industry anda melakukan hal baru dan meningkatkan revenue industry anda.